Tuesday, August 1, 2017

Sapiens, Buku Yuval Noah Harari Yang Paling Menantang

Sapiens, Buku Yuval Noah Harari Yang Paling Menantang
BACA JUGA:
72 REFERENSI JUDUL BUKU SEKRETARIS LENGKAP DENGAN PENGARANG DAN PENERBIT 

171 REFERENSI JUDUL BUKU MANAJEMEN PERBANKAN LENGKAP DENGAN PENGARANG DAN PENERBIT

Yuval Noah Harari lahir di Haifa, Israel pada tahun 1976. Dia memperoleh gelar Ph.D. dari Universitas Oxford pada tahun 2002. Selain menjadi seorang profesor, Yuval juga dikenal sebagai dosen sejarah di Universitas Ibrani Yerusalem. Yuval mengkhususkan diri di bidag Sejarah Dunia, sejarah abad pertengahan dan sejarah militer. Penelitiannya saat ini berfokus pada pertanyaan makro-historis.

Profesor yang mungkin saja namanya tidak begitu akrab di kalangan akademisi tersebut diketahui menulis sebuah buku sejarah singkat umat manusia berjudul: "Sapiens". Awalnya buku tersebut ditulis oleh Yuval sebagai modul untuk mahasiswanya, namun secara tidak terduga ternyata banyak dibaca oleh orang Israel. Bahkan buku profesor itu sempat menduduki 10 top buku di Israel sebelum menjadi best seller dunia.

Upaya Yuval untuk menyederhanakan penjelasan mengenai sejarah umat manusia dalam berbagai sudut: ekonomi, politik, sosial, psikologi, agama, filsafat hingga pada aspek antropologi rupanya menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembacanya.

"Sapiens" mencakup keseluruhan sejarah umat manusia. Sang profesor mencoba mengeksplorasi bagaimana arus sejarah membentuk manusia, hewan tumbuhan, dan bahkan kepribadian manusia. Dengan keberania dan dengan nada provokatif, Yuval menantang pandangan pembaca mengenai manusia yang meliputi pikiran, tindakan, kekuatan dan masa depan manusia.

Dalam buku yang terdiri dari  dua puluh bab tersebut membagi perjalanan sejarah manusia dalam empat tahapan yaitu: revolusi kognitif, revolusi pertanian, bersatunya manusia, dan yang terakhir revolusi sains. Bagaimana spesies homo sapiens berhasil dalam pertempuran dan mendominasi? Mengapa nenek moyang kita mencari makan, membangun kota dan kerajaan? Bagaimana kita bisa percaya pada Tuhan, bangsa dan hak asasi manusia; Mempercayai uang, buku dan hukum; Dan diperbudak oleh birokrasi, jadwal dan konsumerisme? Dan bagaimana jadinya dunia kita di tahun ribuan tahun ini?

Yuval menjabarkan bukunya dalam empat bagian yaitu menanam kue (baca modal) yang bertumbuh, columbus mencari investor, atas nama kapital, berhala pasar bebas, dan neraka kapitalisme. Dalam bagian menaman kue (baca modal) yang bertumbuh Yuval menjelaskan soal sistem ekonomi modern sesungguhnya dan bagaimana nasib manusia pada era ekonomi modern.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com