Thursday, July 27, 2017

Kumpulan Cerpen Karya T.I. Thamrin Pria Berdarah Aceh

Kumpulan Cerpen Karya T.I. Thamrin Pria Berdarah Aceh
T.I. Thamrin begitu ia dikenal. Menulis sejak SMP di Jakarta (1953). Nama aslinya Teuku Iskandar Ali bin Sabil. Lama tenggelam ketika itu, ia meminjam nama kemenakannya ketika menulis kembali di kompas dan sinar harapan pada awal 1970-an. Dan kemudian pria kelahiran Langsa, Aceh Timur, 12 Agustus 1936 ini tenggelam kembali.

Bekas penyadap karet getah (di Langsa) dan pedagang kaki lima (di Jakarta) itu pernah berdagang rempah-rempah di Pasar Induk sayur dan Buah di Kramat Jati, Jakarta. Juga pedagang buah dan sayur antar kota. Terlalu percaya pada anak buah dan rekan bisnisnya membuat bisnisnya bangkrut.

Jebolan Fakultas Sastra Universitas Gadjah Mada ini pun kembali ke tulis-menulis. Sejak 1988, ia berturut-turut bekerja di majalah majalah: Ambassador, Kadin, Tempo, dan Matra. Ia ikut menjadi terdakwa – bersama Bambang Harymurti dan ahmad Taufik – dalam kasus tempo melawan konglomerat Tomy Winata yang merasa namanya dicemarkan oleh ketiganya karena dikaitkan dengan kebakaran di Pasar Tanah Abang, awal 2003. Setelah di sidang selama setahun, ia dan Taufik diputus bebas.

Beberapa karya T.I. Thamrin yang pertama dibukukan di tahun 2003 memenangkan dua Lomba Cerpen Gonjong II, untuk cerpennya berjudul yeyet. Satu cerpen lainnya yaitu Hidung Pesek Seorang Bidadari (Bidadari pesek)

Dari istrinya, Tati Iskandar, ia memperoleh tiga anak perempuan: Cut Irma Mariksa, Cut Tisa Mariska dan Cut Sheila Mariksa.

Berikut ini adalah kumpulan cerpen karya T.I. Thamrin:

1. Meutia Sudah Berhenti Bertanya
2. Cut Nyak Maneh
3. Agam
4. Lukamu Abadi, Za
5. Tangan Kiri Tak Usah Tahu
6. Rencanakan Segala-Galanya Kecuali Mati
7. Perut Luka
8. Pertemuan Dan Perpisahan
9. Kamp Di Atas Bukit
10. Bunuh Diri
11. Yeyet
12. Bidadari Pesek
13. Mbakyu
14. Abortus
15. Si Bungkuk Dan Nona Doktoranda
16. Jembatan Penyeberangan
17. Kekerasan Kalangan Eksekutif.

0 komentar:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com